Senin, 20 Juni 2016

Benarkah Muslimarket Penipu? Sedikit Pengalaman Berbelanja di Muslimarket

Benarkah Muslimarket Penipu? Sedikit Pengalaman Berbelanja di Muslimarket

Baca Juga

HIJABERSWORLD.COM---Apakah Sobat dalam beberapa kesempatan tak sengaja berkunjung ke sebuah e-commerce bernama muslimmarket.com? Atau mungkin melihat iklannya yang bertebaran di jagat maya. Produk-produknya mungkin membuat langsung tertarik  tetapi Sobat mungkin ragu apakah benar-benar terpercaya atau tidak. ( Bagi Sobat yang masih bingung dengan muslimarket, sebaiknya membaca tulisan ini sebelum membeli )

Bertanya dan mencari tahu apakah muslimmarket berkualitas, terpercaya dan bagus layanannya memang harus dilakukan. Sebagai konsumen kita harus hati-hati Sob karena tidak sedikit toko online penipu yang sedang mencari mangsa. Apalagi kalau Sobat pernah trauma membeli hijab dan fashion muslimah lainnya secara online. Tentu tidak bijak belanja di sebuah toko baru secara membabi buta tanpa mengetahui terlebih dahulu seluk beluk tempat belanja tersebut.
Salah satu produk pashmina Jenahara di Muslimarket.com



Bagi yang belum pernah mencoba wajar masih was-was. Namun, ada juga Sobat yang pertama membeli tanpa rasa khawatir karena percaya dengan profil muslimmarket. Berdasarkan pengalaman berbelanja online di e-commerce dan pengalaman Sobat yang pernah membeli disana, ada beberapa poin yang dirasakan yaitu :

Pengiriman Barang Cukup Cepat
Setelah klik order biasanya langsung masuk notifikasi transaksi dan nomor pembayaran. Saat pembelian sudah diberitahu bahwa gratis ongkir 1-3 hari kerja untuk wilayah Jakarta dan 4-8 hari kerja luar Jakarta.  Sejauh ini barang langsung dikirim dan 2-3 hari sudah diterima, mungkin dipengaruhi oleh ekspedisi.

Cepat atau tidak barang tiba di alamat kadang juga tergantung pilihan dan sikap kita. Di muslimarket ongkos kirim memang 100 % gratis tapi agar barang cepat sampai, berikut tipsnya :
  1. Orderlah produk pada pagi hari dan segera bayar setelahnya agar paket langsung dibawa ke pengiriman hari itu juga. Jika memesan siang dan sore, paket mungkin akan terkirim besok pagi atau malam harinya. Hindari memesan pagi dan membayar siang atau pulang kerja kecuali kebutuhannya santai.
  2. Jika membutuhkan barang sangat mendesak, jangan membeli online satu atau dua hari sebelum hari H. Belilah minimal 1 minggu sebelumnya agar bisa berjaga-jaga kalau ternyata ada kendala bila ekspedisi kurang tepat waktu. Kadang kita yang kurang manajemen, memerlukan barang 1-2 hari lagi dan membeli online. Menuntut barang harus sampai dalam hari tersebut padahal toko online tidak hanya melayani kita, membutuhkan waktu untuk memproses. Barang juga dioper dibawa pihak ekspedisi yang juga memerlukan waktu untuk memproses. 
  3. Buatlah alamat sedetil mungkin dan jangan lupa mengisi kontak yang benar agar ekspedisi tidak tertunda mengantar paket karena susah menemukan alamat Sobat. Teledor membuat alamat bisa berakibat fatal, barang tidak sampai ke tangan kita dan akan dikirim balik kepada pengirim. 

Kualitas Produk Sesuai Harga
Harga berbagai hijab, celana aladin, baju muslim dan lainnya di muslimarket cukup bervariasi tapi secara umum harga relatif terjangkau. Kualitas produk yang didapatkan sepadan dengan harga. Lumayan dan tidak jauh di bawah harapan. Agar produk sesuai harapan sebaiknya :

Sobat mengenal jenis bahan produk yang akan dibeli. Jangan hanya menyukai karena melihat foto. Kalau sudah tahu jenis bahan jadi bisa diperkirakan apakah akan nyaman dan sesuai di badan atau tidak.  

Foto Produk Sama Dengan Asli
Umumnya gambar produk mewakili produk asli. Di muslimarket kualitas fotonya sudah bagus. Beda dengan toko online yang baru merintis yang fotonya kadang buram, warna sedikit berbeda dan lainnya.

Hal Yang Harus Diperhatikan
Meskipun muslimarket memiliki standar pelayanan yang sama untuk setiap konsumen dan mereka berusaha tetap terdepan tapi bisa saja pengalaman setiap pembeli berbeda sesuai variasi produk yang dipesan. Tergantung penilaian pribadi. Sebelum menekan tombol order, sebaiknya perhatikan ulang secara detail order.

Begitu juga dengan ukuran pakaian yang dibeli, jangan sampai Sobat salah membeli.  Kita sebagai calon pembeli juga harus jeli karena kita kecewa kadang karena pilihan kita sendiri. Toko online hanya memajang produk dan mengikuti pilihan kita. Selain itu, ikutilah akun media sosialnya untuk mendapatkan update informasi misalnya bergabung di muslimarket instagram agar mengetahui jika ada perubahan kebijakan atau baca terlebih dahulu situsnya.

Secara umum, muslimmarket merupakan islamic market yang dirintis dengan konsep profesional, bukan sebuah toko online bersifat personal dalam skala kecil. Bagi saya pribadi, muslimarket dalam hal konsep jual beli online berada sekelas lazada, matahari mall, berrybenka, hijabenka, hijup dan ecommerce lainnya yang telah terstruktur sedemikian rupa. Jadi, saya tidak terlalu khawatir. [HW/Elshabrina]

Related Posts

Benarkah Muslimarket Penipu? Sedikit Pengalaman Berbelanja di Muslimarket
4/ 5
Oleh

5 komentar

Anonim
6 Juni 2018 pukul 00.05 delete

Bener sih, muslimarket penipu, karena udah banyak banget yang ga dikirim barangnya. Ada beberapa yang pakai voucher dari go-point gojek (masih ada halaman tuker point-nya untuk muslim market hingga hari ini 6 juni 2018), tapi banyak yang belum dikirim-kirim barangnya, dan semua kontak muslim market tidak ada yang bisa dihubungi dan sosmednya juga tidak aktif.

Reply
avatar
29 Juni 2018 pukul 00.46 delete

Mohon maaf, saya tidak setuju kalau muslimarket.com sekelas lazada, hijabenka, dll. Muslimarket.com jauh sekali dibawah standar pelayanannya.

Pertama kali belanja di e-commerce dan customer service nya tdk bs dihubungi, yaa di muslimarket.com ini.. Saya coba hubungi nomer cs yg tertera yaitu 1500363, ternyata salah sambung. Saya hubungi mereka utk menanyakan status pesanan saya melalui email, message IG, line, tp tdk dibalas.
Apa itu yang dibilang professional?

Dan pertanyaan saya sekarang, apakah pendapat anda berdasarkan pengalaman berbelanja di muslimarket atau hanya sekedar mengira2 saja?

Reply
avatar
1 Juli 2018 pukul 02.37 delete

Waduh.... Muslimarket nggak punya fasilitas interface customer service seperti Lazada. Primitif banget. Konsumen nggak bisa complain.

Sy order sesuai pesanan berkode MM 180131562530 tgl 28 Juni 2018 dg pembayaran terekomendasi oleh Muslimarket bisa dg virtual account BNI. Setelah tgl 29 Juni 2018 saya bayar via No. Virtual Account : 8848000009443656, pd Bank Negara Indonesia (BNI), ternyata pada isian Konfirmasi Pembayaran tidak disediakan isian untuk pembayaran via virtual account. Kok jadi ribet yaa...? Report belanja konsumen bener-bener nggak seperti di Lazada yg serba cepat dan tahap demi tahap transaksi selalu well comfirmed.

Saya sudah kirim email ke Muslimarket atas nasib barang belanjaan saya, tapi sejauh ini belum ada tanggapan dari pihak Muslimarket sama sekali. Saya tentu merasa sangat dirugikan dan kecewa.

Reply
avatar
9 Juli 2018 pukul 19.58 delete

Semua kontak muslim market yang tercantum di website tidak bisa dihubungi atau malah salah sambung ke universitas allauddin makassar (aneh sekali), DM di Instagram tidak ada jawaban, Line tidak ada respon, lalu apa namanya kalo bukan penipuan??

Reply
avatar
1 Januari 2019 pukul 20.24 delete

Saya juga ini lagi was2... hari kamis kemarin melakukan transaksi, sudah melakukan pembayaran..dannnn tidak ada konfirmasi dari muslimarket.. email ga dibalas, call center ga diangkat...line ga dibalas..

Reply
avatar